Tuesday, December 6, 2011

PaPeRo Robot Lucu nan Pintar



Spesifikasi                                                                                                                                                               
Nama Robot                   : PaPeRo                                         
Tinggi                            : 385 mm
Lebar                             : 248 mm
Kedalaman                     : 245 mm                                         
Berat                              : 5 kg
Waktu Operasi Kontinyu : 2-3 jam
Waktu pengisian daya baterai : 2-3 jam
Jumlah kata dikenali :  sekitar 650 frase dan 3000 kata

Sejarah dan Perkembangan 

PaPeRo yang merupakan singkatan dari "Partner-type-Personal-Robot" , adalah sebuah robot yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang NEC Corporation. Nama PaPeRo diadopsi pada tahun 2001. Pengembangan robot dimulai pada 1997 dengan prototipe pertama R100.
PaPeRo telah diteliti dan dikembangkan dengan maksud untuk menjadi mitra dengan manusia dan yang mampu hidup bersama dengan mereka. Untuk alasan ini, ia memiliki berbagai fungsi dasar untuk dapat berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.
Kepribadian PaPeRo
Pada dasarnya, PaPeRo memiliki karakter ceria yang sangat suka berbicara dengan manusia, tapi akan berubah tergantung pada cara berinteraksi dengan manusia. Perubahan dalam karakter diekspresikan oleh cara berbicara, kualitas suaranya, musik, dan cara bergerak. Berikut ini adalah karakter-karakter dari robot PaPero :
1.      Leader-PaPeRo
2.      Knowledgeable PaPeRo
3.      Dancing PaPeRo
4.      Computer PaPeRo

PaPeRo menggunakan teknologi yang berbeda untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Ketika PaPeRo tidak mempunyai kegiatan, dia akan berkeliling mencari manusia untuk diajak berinteraksi . Setelah menemukan seseorang, ia akan mencoba untuk memulai percakapan. PaPeRo juga memiliki sistem pengenalan suara. Dengan sepasang mikrofon sensitif, dapat menentukan dengan tepat di mana suara berasal dari dan jika suara adalah suara manusia. Robot kemudian akan menginterpretasikan informasi dan tanggapan yang sesuai. Saat PaPeRo menjelajah suatu tempat, dia menggunakan sistem USG terletak di dada untuk mendeteksi benda-benda. Jika suatu benda menghalngi jalannya, sistem USG PaPeRo akan mendeteksi di mana tepatnya objek, dan kemudian PaPeRo akan memutuskan apa yang harus dilakukan untuk menghindari objek. PaPeRo juga memiliki sensor lain yang terletak di kepala, yang dapat mendeteksi jika robot ini menepuk, ditampar dan lain-lain.

Kegunaan Robot PaPeRo dalam Kehidupan Manusia :

·                -Dapat berinteraksi dengan manusia. Robot ini mempunyai sensor ultrasonik, kamera CCD, dan mikrofon untuk mendeteksi dunia luar sehingga dapat mengenali wajah dan suara sehingga dapat bercakap-cakap layaknya manusia dan dapat merespon. Selain itu dia dapat bergerak, menari dan berjalan. Sehingga diharapkan robot PaPeRo ini dapat dijadikan mitra dan dapat hidup bersama dengan manusia.
·                  - Sebagai penghibur . Robot PaPeRo ini diciptakan untuk menyenangkan hati manusia karena dia bisa menari, bercakap-cakap dengan manusia, dan dia dapat diajak bermain games bersama.
·       -Membantu manusia untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dia bisa menjawab pertanyaan manusia tentang ramalan cuaca karena dia terhubung dengan jaringan nirkabel sehingga dapat konek ke internet. Dia juga bisa mengontrol peralatan rumah tangga.





0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com