Tuesday, December 6, 2011

Selamatkan Hutan Mangrove Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan luas lautannya yang lebih besar daripada luas daratannya. Tak heran, Indonesia merupakan peringkat pertama negara dengan luas hutan mangrove terbesar di dunia dengan luas 3,8 juta hektar atau sekitar 40 persen dari jumlah total luas hutan mangrove dunia.  Dari sekitar 40 persen tersebut, sekitar 75 persen berada di Papua, Sumatera dan Kalimantan. Ironisnya, belakangan ini dilaporkan sekitar 50 persen hutan mangrove Indonesia telah rusak. Kerusakan itu lebih banyak disebabkan oleh pembukaan lahan kebun kelapa sawit, usaha tambak di bibir pantai, penebangan kayu, pencemaran bibir pantai dan beberapa sebab lainnya. 


Sebenarnya banyak sekali manfaat hutan mangrove ini bagi kehidupan semua makhluk hidup.  Hutan mangrove mempunyai fungsi utama untuk meredam gelombang dan angin, pelindung dari abrasi dan pengikisan pantai oleh air laut, penahan intrusi air laut ke darat, penahan lumpur dan perangkap sedimen. Hutan mangrove juga terbukti sebagai penghasil sejumlah besar detritus bagi plankton yang merupakan sumber makanan utama biota laut. Sebagai daerah asuhan (nursery grounds), tempat mencari makan (feeding grounds), dan daerah pemijahan (spawning grounds) berbagai jenis ikan, udang dan biota laut lainnya. Sebagai habitat bagi beberapa satwa liar, seperti burung, reptilia (biawak, ular), dan mamalia (monyet). Sebagai penghasil kayu konstruksi, kayu bakar, bahan baku arang, dan bahan baku kertas. Dan tidak mustahil, hutan mangrove dapat dikelola menjadi lokasi ekowisata.


Kerusakan hutan mangrove di Indonesia sudah seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama. Pemerintah sudah seharusnya mempertahankan kondisi mangrove yang masih ada dengan menghentikan perizinan yang bertujuan mengkonversikan hutan mangrove menjadi bentuk lain seperti tambak, pertanian, HPH, industri, pemukiman dan sebagainya. Selanjutnya rehabilitasi hutan dapat dilakukan pada hutan mangrove yang memiliki kondisi yang paling kritis dan butuh penanganan segera.Selain itu pemerintah juga wajib memberikan pendidikan pelestarian lingkungan sejak dini kepada masyarakat. Dengan mengajarkan bahwa pelestarian hutan mangrove adalah salah satu cara membuat bumi semakin baik dan sangat bermanfaat untuk anak cucu kelak. Namun sudah seharusnya muncul kesadaran dari diri sendiri untuk peduli dengan kelangsungan hutan mangrove di bumi Indonesia kita tercinta. Mari cintai bumi kita ini demi kelangsungan kehidupan anak cucu kita kelak.

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com