Saturday, December 17, 2011

SI (is) AWESOME

Sistem Informasi ITS. Mungkin banyak yang asing mendengarnya saat saya memperkenalkan tempat dimana kini saya menuntut ilmu. Orang awam memang tidak bisa membedakan antara Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Apalagi bisa dibilang Sistem Informasi adalah jurusan termuda di Institut Teknologi Sepuluh Nopember saat ini. Tetapi jurusan termuda bukan berarti jurusan terjelek pula. Mata kuliah yang ada di jurusan ini sangatlah menarik dengan menggabungkan antara hard skill dan soft skill. Lingkungan kampus dan mahasiswanya sangat baik, jadi kita sangat termotivasi untuk dapat maju dan berkreativitas di dunia teknologi informasi.

Saat saya diterima di jurusan Sistem Informasi ini, sejujurnya ada ketidakyakinan dalam diri saya. Saya ragu karena saya buta informasi tentang apa yang akan saya pelajari di sini, tentang prospek jururan ini ke depan dll. Namun setelah berburu informasi dari sumber-sumber terpercaya, saya mulai sreg dengan jurusan yang saya ambil ini. Pertama kali menginjakkan kaki di gedung Sistem Informasi ITS, keraguan saya kembali muncul. Gedung yang akan saya tempati untuk belajar kurang lebih empat tahun ke depan ini sangat tidak sesuai dengan harapan saya. Apalagi setelah mendengar cerita dari teman-teman yang diterima di universitas lain, mereka menyamakan kampusnya setara dengan hotel berbintang. Namun, tidak dengan saya, kampus saya bisa dibilang standar. Mungkin ini dikarenakan banyak sekali tempat - tempat yang tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga terkesan kumuh, kotor dan tidak terawat. Untung saja semangat berkuliah saya masih membara sehingga gedung yang tak sesuai harapan ini tidak mengurangi niat saya untuk berkuliah.

Seiring berjalannya waktu saya mulai bertemu dengan teman-teman baru. Senang sekali rasanya bertemu dengan orang-orang baru dengan karakter baru sehingga banyak cerita baru nantinya. Waktu demi waktu berjalan, kami mulai akrab apalagi dengan dilaksanakannya kegiatan pengkaderan, saya merasa beruntung bisa menjadi bagian dari mereka. Apalagi tak sedikit teman-teman saya yang datang dari luar Jawa Timur. Tak hanya teman-teman sesama mahasiswa baru, di sini kami juga belajar mengenal senior. Tak terlihat adanya kesan senioritas dan kesan semena-mena, kami diperlakukan sangat baik ibarat kakak yang membimbing adiknya. Selain itu suasana kampus Sistem Informasi ini juga sangat nyaman dan menyenangkan. Ada beberapa yang sibuk bekerja kelompok di gazebo yang memang khusus dipersiapkan untuk mahasiswa di sekitar kampus. Ada sekelompok mahasiswa yang sekedar mengobrol dan bercanda tawa sambil melepas penat melihat view SI garden. Ada pula yang sibuk dengan dunianya sendiri di dalam laptopnya, ada pula yang sibuk berdagang menjajakan jualannya ke mahasiswa lain mungkin karena efek mata kuliah yang menganjurkan kita untuk menjadi seorang enterpreneur. Entah mengapa saya sangat menyukainya suasana tersebut apalagi ditambah dengan sejuknya udara setelah hujan. Saya sangat menikmati hari - hari saya berkuliah di Sistem Informasi, menyenangkan sekali bertemu dengan orang-orang luar biasa setiap hari.

Mata kuliah jurusan Sistem Informasi ITS juga berbeda dengan jurusan Sistem Informasi di universitas lain. Ketika jurusan sistem informasi yang lain lebih menekankan pada pemrograman, di Sistem Informasi ITS akan diseimbangkan antara skill pemrograman, manajemen bisnis dan keterampilan untuk berkomunikasi. Kami tak diizinkan menjadi seorang programmer yang hanya lancar "berbicara pada komputer" saja tetapi kami juga diajarkan untuk mempunyai soft skill yang baik pula. Hal tersebut saya dapatkan dalam mata kuliah Keterampilan Interpersonal. Kuliahnya pun berbeda dengan kuliah pada umumnya, kami banyak melakukan kegiatan outdoor. Kami memainkan games-games yang secara tidak langsung menstimulasi kepercayaan diri agar terbiasa mengutarakan pendapat di hadapan orang banyak. Tidak anya itu, kita juga diajarkan bagaimana berperilaku baik di hadapan banyak orang, dilatih teknik berkomunikasi yang dapat menarik banyak orang serta mengembangkan minat dan bakat kita dalam bidang menulis. Dan pada akhirnyaa banyak sekali hal-hal baru yang saya dapatkan dan banyak sekali yang bisa saya syukuri karena dapat masuk di jurusan Sistem Informasi ITS. Sistem Informasi ITS is awesome !

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com