Monday, December 19, 2011

Selamatkan Bumi Tercinta dengan Earth Hour 60+


Hari demi hari tanpa kita sadari, kita semakin terancam dengan dampak global warming. Cuaca yang sudah tidak bisa diprediksi, permukaan air laut yang makin naik karena es di kutub mencair hingga makin parahnya penggundulan hutan secara besar-besaran sangat mengancam kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita nantinya. Emisi karbon yang mampu melubangi lapisan ozon adalah salah satu penyebabnya. Sebagian dari emisi karbon ini adalah hasil dari penggunaan listrik. Coba bayangkan berapa emisi karbon yang terbuang ke udara setiap harinya apabila hampir di seluruh penjuru dunia bergantung dengan adanya listrik. Oleh karena itu, WWF merancang sebuah kegiatan Earth Hour 60+ untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global akan pentingnya menghemat penggunaan listrik yang notabene adalah penyumbang emisi karbon terbesar ke udara. Earth Hour 60+ adalah sebuah kegiatan mematikan listrik selama satu jam yang pertama kali diadakan pada tahun 2007 silam.

Earth Hour 60+ yang baru-baru ini diadakan kembali tepatnya pada tanggal 26 Maret 2011 ternyata mendapat perhatian dari kota - kota besar di dunia. Kota - kota besar di dunia ini ikut berpartisipasi dengan mematikan listrik secara serentak pada pukul 20.30 - 21.30 malam. Hal ini sebagai simbol bahwa kota - kota besar di dunia ini juga sadar akan kelangsungan bumi kita tercinta ini dan sebagai simbol dukungan pada kegiatan Earth Hour 60+ ini.


Patung  “Christ the Redeemer” yang jadi icon kota Rio de Janeiro terlihat gelap saat Earth Hour 60+ 2011 



 Negara yang sedang “giat” membangun berbagai landmark dan gedung pencakar langit ini, berhasil mencapai rekor penghematan energi saat Earth Hour 60+ 2011 kali ini. Dubai Electricity and Water Authority (DEWA) mengumumkan bahwa tahun ini mereka berhasil menghemat 204.000kW/h dan 122.000 kg emisi karbon.



 Hong Kong yang biasanya bertabur cahaya meriah pun ikut memadamkan listrik selama satu jam. Gadung pemerintahan, semua universitas, 320 buah sekolah, dan sekitar 3200 perusahaan ikut serta dalam Earth Hour 60+ 2011

Tak mau ketinggalan ibukota kita tercinta, Jakarta juga ikut serta mendukung acara Earth Hour 60+ ini. Dengan berpartisipasi mematikan listrik di jalanan utama dan tempat-tempat penting ibukota. Selain di Jakarta, banyak kota-kota lain di Indonesia yang juga ikut berpartisipasi untuk mematikan listrik selama satu jam. Di Indonesia saja, hasil dari Earth Hour 2011 kemarin PLN berhasil melakukan penghematan sampai 170MW (apabila dikonversi ke rupiah mencapai Rp 1,4 miliar). Bayangkan banyaknya energi yang dapat dihemat apabila kegiatan ini dilakukan seminggu sekali atau sekali sehari.

Suasana sekitar bundaran HI yang biasanya terang benderang mendadak gelap untuk mendukung kegiatan Earth Hour 60+ 


Kegiatan Earth Hour 60+ yang bertujuan untuk menghemat energi dan menyadarkan masyarakat global akan lingkungan seharusnya tidak hanya dilakukan satu tahun sekali. Mungkin kegiatan ini dapat dieksplor lagi dan dapat dijadikan gaya hidup oleh masyarakat dunia, sehingga diharapkan mampu menghemat energi yang makin lama makin sedikit dan mampu meminimalisir dampak global warming yang semakin hari semakin mengancam. Cintai bumi kita dan Be a greenaration !

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com