Tuesday, December 6, 2011

Levi Strauss Sang Penemu Jeans

Siapa yang tidak tahu celana jeans ? Siapa di antara kita yang tidak pernah memakai celana yang bisa dibilang "wajib punya" bagi semua orang ? Hampir semua orang pasti sering menggunakan jenis celana ini. Namun pernahkah anda terpikir tentang kisah di balik celana jeans yang sering kita kenakan ini ? Sejarah mencatat, celana jeans tidak dirancang dan dibuat oleh designer ternama tetapi celana jeans dibuat oleh seorang pemuda berusia 20 tahun yang sedang merantau.

Awalnya, cerita celana jeans ini berasal dari Genoa, Italia. Di sana celana jeans diproduksi untuk keperluan angkatan laut. Meskipun berasal dari Italia, namun celana tebal ini tak akan popular tanpa campur tangan perantau muda bernama Levi Strauss yang datang untuk mengadu nasib di California.  Levi Strauss dilahirkan Lob Strauss pada 26 Februari 1829 di Buttenheim, Bavaria. Pada tahun 1853, Strauss pindah ke San Francisco, California dengan berbekal benang, kain, kancing, dan gunting, serta kanvas untuk tenda. Namun modal nekatnya tak sia-sia, potongan tekstilnya laku keras dan hanya menyisakan segulung kanvasnya. Dengan memanfaatkan bakatnya, ia pun membuat sepotong celana kerja untuk para pekerja tambang, hingga laris manis karena bahannya tidak mudah rusak. 

Dengan pikirannya yang kreatif, Strauss pun memodifikasi jahitannya dengan menggunakan bahan yang didapatnya dari Genoa, Italia. Karena nama bahan tersebut “genes” maka Strauss mengubah namanya menjadi jeans agar lebih enak didengar. Ia pun mulai memproduksi celana jeans pertama dengan merk “Levi’s” yang diambil dari nama depannya.

Sejak saat itulah, jeans mulai menjadi pakaian resmi para penambang. Beberapa waktu setelah itu, ia pun bekerja sama dengan seorang pengusaha sukses Jacob Davis untuk mendapatkan hak paten di tahun 1873. Pada masa itu, keberadaan jeans mulai mendongkrak dimana-mana. Meskipun telah dimodifikasi dengan bahan yang lebih lembut dari bahan awal, namun celana ini tetap disebut sebagai jeans dan sudah digunakan oleh siapa pun selain para penambang.
Perjalanan hidup Levi Strauss menjadi pengusaha jeans besar sebenarnya dari ketidaksengajaan. Dari hal kecil di lingkungan sekitar kita, dapat menjadi suatu peluang usaha bisnis besar. Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari perjalanan hidup Levi Strauss ini. Kesuksesan tidak bisa datang dengan sendirinya, diperlukan doa dan usaha maksimal untuk mendapatkannya.  

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com