Wednesday, December 7, 2011

Gerakan Satu Juta Buku untuk Anak Bangsa




Prihatin dengan perilaku generasi muda bangsa Indonesia yang mulai meninggalkan buku dan menghabiskan waktu di depan televisi atau internet melatar belakangi Gerakan Pengumpulan Satu Juta Buku untuk Bangsa. Program ini diluncurkan untuk pertama kali di Medan tanggal 6 Desember 2012 di Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Sumut, Jalan Brigjen Katamso Medan, Sumatera Utara. Program pengumpulan buku yang akan berlangsung selama satu tahun ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan minat baca para generasi muda sekaligus mampu menjawab keresahan para orang tua terhadap kebiasaan membaca anak-anak yang mulai ditinggalkan. Selain itu latar belakang diadakannya gerakan ini berdasarkan hasil penelitian dari UNESCO menyatakan Indonesia menduduki peringkat 110 tentang minat membaca , kalah dengan Malaysia yang berada di posisi 60-an dan Philipina yang berada di posisi 70-an, sedangkan negara yang paling banyak minat membaca adalah Jepang. Sedangkan berdasarkan data BPS (2006) anak-anak Indonesia 80 persen bukan membaca buku tapi menonton televisi, mendengar radio 40, 3 persen dan membaca koran 23, persen, dan hasil penelitian lain mengatakan anak-anak SD di Indonesia berada di urutan 29 dari sejumlah negara yang fasih membaca.

Gerakan Pengumpulan  Satu Juta Buku untuk Anak Bangsa ini secara resmi diluncurkan oleh H. Gatot Pudjo Nugroho, S.T sebagai pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara. Beliau berkata bahwa gerakan Pengumpulan Satu Juta Buku untuk Anak Bangsa ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dan diharapkan mampu memotivasi pihak lain agar punya kepedulian terhadap persoalan pendidikan, ke dan kepedulian terhadap generasi muda agar mempunyai semangat membaca. Keprihatinan Gatot yang lain adalah karena pada saat ini banyak anak-anak menonton televisi yang kebanyakan memeberikan tontonan yang tidak mendidik. 

Pada acara peluncuran Gerakan Pengumpulan Satu Juta Buku ini sudah berhasil pengumpulkan 500 buah buku yang akan disalurkan di seluruh taman bacaan yang tersebar di Sumatera Utara. Acara ini diharapkan berjalan lancar dan dapat membantu bangsa ini agar keluar dari krisis moral yang melanda generasi muda bangsa.




0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com