Sunday, November 27, 2011

Tips Menulis Populer

Mungkin bagi sebagian orang Indonesia menulis adalah hal yang susah untuk dilakukan. Karena menuliskan ide yang ada di kepala kita, merangkainya dalam sebuah kalimat yang padu bukanlah hal yang mudah. Tetapi ada solusi untuk anda yang memang punya niatan untuk belajar menulis. Solusi ini bersumber dari bapak Rudi Santoso . Beliau merupakan dosen tamu yang sengaja didatangkan untuk memberikan tips-tips menulis populer di mata kuliah Keterampilan Interpersonal jurusan Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.


Menurut beliau menulis bukanlah hal yang susah apabila kita sudah mempunyai kemauan untuk menulis. Semua orang mempunyai bakat untuk menulis, semua tergantung pada diri kita sendiri, apakah kita mengeksplor bakat menulis itu atau tidak. Memang bukan perkara mudah untuk menulis, apa yang ada di pikiran terkadang sangat susah untuk diungkapkan melalui tulisan. Tetapi apabila ada kemauan, pasti hal yang awalnya susah bisa menjadi gampang. Hal yang paling diperlukan adalah latihan untuk menulis. Mulailah untuk menulis kejadian-kejadian ringan di sekitar kita, bebaskan pikiran kita saat menulis. Setelah berlatih untuk mengekspresikan diri dalam bentuk tulisan, tidak ada salahnya untuk mulai belajar bagaimana sebaiknya tulisan kita agar pembaca tertarik dengan apa yang kita tuliskan. Hal pertama yang harus diperhatikan sebenarnya sangat sederhana, mulai menulis dengan paragraf yang sederhana. Gunakan kalimat baku maksimal 15 kata per kalimat. Gunakan rumus S-P-O-K secara efektif, dan gunakan struktur tulisan seperti penjabaran sebab akibat atau sebaliknya.


Hal kedua yang harus diperhatikan adalah orientasi pembaca. Sebagai penulis kita harus tau target pembaca kita. Pahami kemauan pembaca dan buatlah tulisan semenarik mungkin. Apabila target pembaca kita muda-mudi, jangan siksa pembaca dengan kalimat baku yang berbelit-belit. Buatlah tulisan dengan gaya bahasa tidak monoton. Demikian halnya apabila target pembaca kita kalangan pebisnis, pasti gaya bahasa yang digunakan berbeda dengan target pembaca kalangan musisi. Berikan kepuasan pada pembaca, buat tulisan yang menarik dan jelas. Hal yang harus diperhatikan adalah dihindari lah menggunakan banyak kata asing. Gunakanlah istilah populer yang reliable dan rasional. Jangan menggunakan kata asing yang jarang terdengar dan yang dapat menimbulkan pertanyaan. Jangan bersembunyi di balik istilah asing hanya untuk menutupi kekurangan penulis. Lalu hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah hindari banyaknya tulisan akronim, singkatan atau jargon. Penggunaan akronim, singkatan dan jargon mengancam terhambatnya proses komunikasi yang sedang berlangsung dan dapat membiaskan substansi (isi) tulisan. Selanjutnya perhatikan detail yang relevan, gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindarilah hal-hal yang tidak masuk akal. Dan yang terakhir hindarilah angka-angka rumit yang menyulitkan pembaca sehingga mood untuk membaca hilang. 

Bapak Rudi Santoso juga memberikan tips untuk menulis opini. Opini merupakan sebuah gagasan atau ide seseorang yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Biasanya bentuk tulisan ini banyak di temukan di media cetak seperti koran atau majalah. Tips yang pertama untuk menulis opini adalah buatlah kerangka tulisan, kerangka tulisan ini bertujuan agar tulisan runtut dan tidak keluar konteks. Tips yang kedua adalah buatlah tulisan yang lugas dan tidak bertele-tele sehingga mudah dimengerti pembaca. Tips yang ketiga buatlah judul yang agitatif (mempengaruhi) secara positif. Buatlah judul yang tidak biasa sehingga orang akan penasaran untuk membaca tulisan anda. Dan yang perlu diingat sebagus apapun judul opini anda, apabila tidak relevan dengan isi tulisan sama saja opini anda tidak berbobot. Oleh karena itu buatlah judul dan isi opini dengan relevan. Tips keempat adalah sertakan data-data sederhana yang memperkuat argumen anda. Tips kelima adalah berikan data diri anda yang sedikit menjual, contohnya adalah jabatan anda atau prestasi – prestasi anda yang membuat orang tertarik dengan tulisan anda. Tips yang keenam gunakan kutipan singkat dari tokoh yang menulis hal serupa di media masa beberapa hari sebelumnya dan tips yang terakhir adalah kenali gaya selingkung media mana yang akan anda tuju. Terakhir jangan patah semangat untuk mulai belajar menulis. Dimana ada kemauan, pasti akan ada jalan. 



0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com