Friday, December 9, 2011

SI goes to Liponsos Keputih

Pada tanggal 6 Desember 2011, mata kuliah Keterampilan Interpersonal Jurusan Sistem Informasi ITS mengadakan kuliah di luar kampus. Kompetensi mata kuliah Keterampilan Interpersonal kali ini adalah membangun rasa empati kepada orang lain. Tidak seperti biasanya, kami melakukan kunjungan di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) yang terletak tidak jauh dari kampus ITS yaitu di jalan keputih tegal no. 32. Lingkungan Pondok Sosial ini dikelola oleh Dinas Sosial Pemerintah Kota Surabaya untuk menampung para gelandangan, pengemis, anak jalanan dan orang terlantar dari hasil penertiban yang dilakukan oleh polisi pamong praja.

Saat saya menginjakkan kaki di tempat ini untuk pertama kali, saya sangat tidak sabar untuk bertemu dengan para penghuni liponsos ini. Saya ingin melihat bagaimana sisi kehidupan lain yang berbeda dari kehidupan yang saya punya. Pertama - tama kuliah dimulai dengan sambutan dari dosen pembimbing kami dan dilanjutkan sambutan dari pengelola liponsos Keputih ini. Saya sangat miris mendengar kenyataan bahwa liponsos Keputih ini dihuni oleh 960 orang, hal ini menunjukkan bahwa jumlah orang yang ditampung sudah melebihi batas maksimal. Karena sudah kelebihan orang, saya sudah dapat memastikan bahwa orang-orang di dalamnya pun tak diberikan fasilitas hidup layak. Sungguh menyedihkan apabila dibandingkan dengan kehidupan saya dan teman-teman yang jauh lebih baik dari mereka.


Beberapa saat kemudian, masuklah beberapa orang penghuni liponsos ke dalam ruangan dimana kita berkumpul. Para penghuni liponsos itu bervariasi usia, ada yang sudah lanjut usia, remaja dan usia produktif. Beberapa penghuni liponsos inilah yang akan berinteraksi dengan kami pada kuliah kami yang mempunyai kompetensi menumbuhkan rasa empati kepada orang lain. Seperti mata kuliah KI sebelum-sebelumnya, media pembelajarannya kita menggunakan games-games yang unik. Tapi yang berbeda pada kuliah kali ini, kami bermain dengan penghuni liponsos . Games pertama adalah lempar bola. Games ini bertujuan sebagai media perkenalan antara mahasiswa dan penghuni liponsos. Saya sangat menikmati permainan ini karena saya dapat mengenal penghuni liponsos itu lebih dekat dan dapat melihat sedikit senyuman dari bibir mereka. Games yang kedua adalah games dimana kita dapat bertukar pengalaman hidup kita kepada para penghuni liponsos. Kebetulan saya ditemani dengan mbak Novi yang baru empat hari berada di liponsos. mbak Novi dibawa oleh petugas ke liponsos pada saat sedang beristirahat di pinggir jalan dengan didampingi oleh suaminya. Mereka adalah pasangan suami istri yang berasal dari desa kecil di Lamongan. Alasan mereka sangat klise, mereka bertekad pergi ke Surabaya untuk mencari kerja tanpa ada persiapan dan bekal apapun. Mereka berharap dengan bekerja di kota besar, mereka dapat memperbaiki ekonomi keluarganya. Sungguh miris mendengar cerita mbak Novi. Timbul rasa empati dalam diri saya saat mendengar cerita mbak Novi. Itu mungkin hanya cerita segelintir orang penghuni liponsos. Disini saya hanya dapat mendoakan yang terbaik untuk mereka. Terimakasih mata kuliah KI, karena dengan kuliah luar ini dapat membuka mata saya akan dunia yang kejam dan mengajari saya tentang kepedulian terhadap orang lain.

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com