Friday, December 9, 2011

EveR si Robot Cantik Asal Korea



EveR adalah sebuah android (robot humanoid) perempuan, dikembangkan oleh sebuah tim ilmuwan Korea Selatan dari Institut Teknologi Industri di Universitas Sains dan Teknologi Korea. Robot ini diluncurkan pertama kali di  Seoul pada 4 Mei 2003. Nama EveR INI  berasal dari gabungan  kata "Eve" dari Alkitab dan “R” dari kata robot. Berat robot perempuan ini 50 kg dengan tinggi 160 cm.

EveR 1 
 Wajah android ini merupakan gabungan dari dua wajah artisterkenal Korea. Robot ini dapat merasakan emosi manusia seperti kebahagiaan, kesedihan, kemarahan dan kejutan lebih alami dibandingkan robot android buatan Jepang. EveR-1 berisi total 35 mesin miniatur yang terletak di seluruh tubuh bagian atas, yang memungkinkan EveR-1 untuk memindahkan kepala, lengan, dan tubuh bagian atas dan bahkan menyinkronkan antara ucapan dan gerakan bibir. Kulitnya terbuat dari sintetis silikon,sehingga lentur dan terasa mirip dengan kulit manusia.Android EveR 1 ini juga dapat mengenali 400 kata dalam bahasa Korea dan Inggris dan memungkinkan untuk merespon pertanyaan-pertanyaan baik secara lisan dan melalui 15 ekspresi wajah.

EveR 2

Robot penerus EveR 1 ini diluncurkan pertama ke publik saat pekan Robot Dunia 2006 di Seoul. EveR 1 ini mempunyai kemampuan lebih maju dari EveR 2. Robot  ini bisa mengekspresikan emosi seperti sukacita, kemarahan, kesedihan, dan kebahagiaan. EveR 2 ini adalah penyanyi robot Android pertama yang menyanyikan balada Korea "I will close my eyes for you" dalam upacara pembukaan konferensi Robot Dunia 2006 di Seoul.
EveR 2 ini mempunyai tinggi badan 170 cm dan berat badan 60 kg. EveR 2 mempunyai 29 mesin dan puluhan sendi untuk dapat bergerak mengekspresikan diri. Selain itu android ini menggunakan teknologi gesture ekspresi sehingga memungkinkan untuk berinteraksi dan berkomunikasi lebih canggih  dengan manusia

Kegunaan Robot EveR dalam Kehidupan Manusia :
·        Dapat berinteraksi dengan manusia. Robot ini mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia. Robot ini juga dapat menggerakkan bola mata dan menyinkronkan antara gerakan bibir dan ucapan. Selain itu robot ini dapat menggerakkan badan secara natural seperti manusia sehingga diharapkan dapat menjadi partner manusia nantinya.
·      Membantu manusia untuk melakukan kegiatan sehari-hari karena robot ini dirancang semirip mungkin dengan manusia.
·     

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com