Monday, December 5, 2011

Ada Banyak Aktris dan Aktor di mata kuliah KI


          Beberapa waktu yang lalu, salah satu mata kuliah paling menyenangkan se-Jurusan Sistem Informasi atau bahkan se-ITS yaitu Ketrampilan Interpersonal memberikan tugas kepada mahasiswanya untuk menampilkan Talent Show berbentuk drama bertema tradisonal. Drama ini dimainkan oleh satu tim yang memungkinkan untuk membuat suatu pertunjukan drama yang kreatif dan semenarik mungkin dengan unsur tradisional sebagai komponen utama.  Banyak dari kami yang mengangkat cerita rakyat dari suatu daerah di Indonesia dengan alur cerita yang dimodifikasi sedemikian rupa dengan kreativitas masing-masing tim.

             Pada saat talent show dimulai satu per satu tim unjuk kebolehan. Saya sangat takjub melihat akting teman teman yang sangat total untuk memainkan peran mereka. Beberapa dari mereka sudah selayaknya aktris yang sudah membintangi banyak sinetron. Mereka dapat memainkan karakter yang sangat berbeda dari karakter mereka sebenarnya. Contohnya saja saat memerankan tokoh banci, banyak teman-teman pria saya yang sangat luwes memerankan karakter tersebut. Mereka sangat menikmati saat ditonton oleh orang lain, hampir tak ada sedikitpun raut wajah malu-malu. Bukan hanya karakter banci, namun semua peran yang dimainkan, kami memberikan seluruh kemampuan dan  mengalahkan rasa malu dan ego kami demi bagusnya penampilan drama masing-masing. Lalu pada saat memerankan tokoh antagonis, misalnya pada karakter bawang merah. Mereka mampu berakting galak dan terlihat totalitas mereka. 


           
      Tugas talent show ini sendiri untuk saya bukan hanya untu sekedar mencari nilai. Dalam proses pembuatan drama hingga penampilan drama, banyak sekali pembelajaran yang dapat saya ambil. Yang pertama adalah kerja sama tim. Mulai dari menyusun dialog hingga membuat properti semuanya dikerjakan secara bersama-sama. Setiap karakter di dalam cerita juga mempunyai keterkaitan yang kuat sehingga sangat diperlukan kerjasama untuk dapat menciptakan chemistry antar pemain. Pelajaran kedua yang saya dapatkan adalah untuk meraih suatu hasil yang maksimal memerlukan pengorbanan yang sangat besar. Sebagian besar tim mau merelakan waktu belajar dan waktu istirahatnyanya untuk mempersiapkan talent show ini. Mereka merelakan waktu mengerjakan tugas kuliah terpotong untuk sekedar latihan drama atau mencari kostum dan membuat properti. Belum lagi tenaga dan biaya yang dikeluarkan tergolong tidak sedikit. Pelajaran ketiga, talent show ini sangat efektif melatih keberanian dan kepercayaan diri kita untuk tampil di depan umum, yang diharapkan menjadi bekal kita nanti saat terjun ke lapangan pekerjaan kita mempunyai keterampilan untuk berbicara di depan umum dengan baik. Itulah sedikit cerita yang dapat saya bagikan tentang mata kuliah Keterampilan Interpersonal yang sangat menyenangkan. Semoga opini dapat menginspirasi.





0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com