Sunday, October 30, 2011

Ada KI, semua happy :D


          Keterampilan Interpersonal (KI) merupakan salah satu mata kuliah di jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Sekilas memang tidak ada yang berbeda dengan mata kuliah lain di ITS, sudah dapat saya pastikan anda akan membayangkan ruang kelas, dosen yang berbicara panjang lebar, slide show di depan kelas dan mahasiswa yang sebagian besar mengantuk mendengarkan dosen yang menerangkan. Tapi jangan khawatir, Keterampilan Interpersonal sangat berbeda dari bayangan anda. Di dalam mata kuliah ini mahasiswa diharapkan untuk mengasah soft skills seperti pandai belajar, menggali dan menyampaikan gagasan serta mampu memanejemen diri, membangun tim, memimpin dan bekerja sama dalam tim.

           Pada mata kuliah ini, mahasiswa tidak hanya belajar secara indoor melainkan juga secara outdoor . Kuliah mata kuliah Keterampilan Interpersonal outdoor sangat ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa, karena suasananya sangat berbeda dengan kuliah-kuliah pada umumnya. Para mahasiswa akan memainkan games-games seru yang intinya adalah melatih bekerja secara tim. Kami belajar bagaimana susahnya untuk menyatukan pendapat dari banyak orang, mengompakkan suatu tim, bekerja sama antar satu tim untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang diberikan. Para mahasiswa juga dibiasakan untuk berani berbicara di depan orang banyak, berani melakukan hal yang “tidak biasa” agar menjadi pusat perhatian orang banyak dan diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini timbullah rasa percaya diri dari dalam diri mahasiswa agar terbiasa menghadapi banyak orang.

Pada mata kuliah Keterampilan Interpersonal ini, para mahasiswa akan merasakan suasana perkuliahan yang berbeda. Kami tidak merasa sedang berkuliah, maelainkan sedang bersenang-senang. Bersenang-senang karena kami tidak hanya bermain games, tertawa lepas ataupun melepas penat namun kita juga banyak mendapatkan pelajaran dari refleksi setiap games yang telah kami mainkan. Pembelajaran dari refleksi permainan tersebut berefek sangat besar pada kehidupan sehari – hari mahasiswa . Kami lebih bisa mengekspresikan diri, tidak perlu lagi gugup saat berhadapan dengan orang banyak dan yang paling penting kami mempunyai bekal soft skills saat masuk dunia kerja pada nantinya. Sistem Informasi ITS luar biasa !!


0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com